Mengenal bangunan tua di Payakumbuh




  • Gereja Katolik Santo Fidelis a Sigmarinda Payakumbuh

Edukeun - Ada yang tahukah bangunan ini? Hayu kita mengenalnya. Bersumber dari Data Deskripsi Cagar Budaya Tidak Bergerak Kota Payakumbuh, Gereja Khatolik ini didirikan atas inisiatif Pastor P. J. Van Hoof pada tanggal 25 Januari 1933. (sesuai dengan inkripsi di bagian kanan dinding pintu masuk gereja (sisi selatan). 

Inskripsi bertuliskan: ME POSUIT PAROCHUS PJ. Van Hoof 25 Jan 1933. Selain mendirikan gereja Postor P.J. Van Hoof juga mendirikan sebuah rumah tinggal/paviliun buat pastor (samping kiri gereja/sisi utara) yang terletak satu kompleks dengan gereja. 

Paviliun ini didirikan pada tanggal 28 desember 1931 (sesuai dengan ini inskripsi pada bangunan yang bertuliskan: ME POSUIT PAROCHUS PJ VAN HOOF 28 DEC 1931Keseluruhan bangunan yang berada dalam kompleks ini sekarang (SD, TK, Gereja, dan asrama suster) dikelola oleh Yayasan Prayoga.

Bioskop Karya

  • Inilah Bioskop Karya

Nah, untuk bangunan ini sepertinya  pasti banyak yang mengetahuinya. Apa aja nih film yang pernah Uda Uni tonton di sini? Berikut Teks dan Foto dari @sitinurlailalubis.

Sejak awal pendiriannya bangunan ini difungsikan untuk Bioskop, ini dapat dilihat dari tata ruang bangunan itu sendiri. Tahun pendirian bangunan ini tidak diketahui secara pasti. Bersumber dari Data Deskripsi Cagar Budaya Tidak Bergerak Kota Payakumbuh, secara Arkeologis bangunan ini berdenah persegipanjang dengan atap berbentuk pelana terbuat dari seng. Kesan bangunan bergaya kolonial dapat terlihat bagian sisi arah depan berbentuk jenjang (trapgevel).

Sumber ig : @sudutpayakumbuh

Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar