Pengertian Mysql dan Sejarah

MySQL

Edukeun - MySQL adalah sistem manajemen database relasional open-source. Namanya merupakan kombinasi dari "Saya", nama putri pendiri Michael Widenius, dan "SQL", singkatan dari Structured Query Language. Database relasional mengatur data ke dalam satu atau lebih tabel data di mana tipe data mungkin terkait satu sama lain; hubungan ini membantu menyusun data. 

SQL adalah bahasa yang digunakan programmer untuk membuat, memodifikasi, dan mengekstrak data dari database relasional, serta mengontrol akses pengguna ke database. Selain database relasional dan SQL, RDBMS seperti MySQL bekerja dengan sistem operasi untuk mengimplementasikan database relasional dalam sistem penyimpanan komputer, mengelola pengguna, memungkinkan akses jaringan, dan memfasilitasi pengujian integritas database dan pembuatan cadangan.

MySQL adalah perangkat lunak gratis dan sumber terbuka di bawah persyaratan Lisensi Publik Umum GNU, dan juga tersedia di bawah berbagai lisensi berpemilik. MySQL dimiliki dan disponsori oleh perusahaan Swedia MySQL AB, yang dibeli oleh Sun Microsystems. Pada 2010, ketika Oracle mengakuisisi Sun, Widenius membuat fork proyek MySQL open-source untuk membuat MariaDB.

MySQL memiliki klien yang berdiri sendiri yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan database MySQL menggunakan SQL, tetapi MySQL lebih sering digunakan dengan program lain untuk mengimplementasikan aplikasi yang membutuhkan kemampuan database relasional.

MySQL adalah komponen dari stack perangkat lunak aplikasi web LAMP, yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL, Perl / PHP / Python. MySQL digunakan oleh banyak aplikasi web berbasis database, termasuk Drupal, Joomla, phpBB, dan WordPress. 

MySQL juga digunakan oleh banyak situs web populer, termasuk Facebook, Flickr, MediaWiki, Twitter, dan YouTube.

Gambaran

MySQL ditulis dalam C dan C ++. Pengurai SQL-nya ditulis dalam yacc, tetapi menggunakan penganalisis leksikal buatan sendiri. MySQL bekerja pada banyak platform sistem, termasuk AIX, BSDi, FreeBSD, HP-UX, ArcaOS, eComStation, i5 / OS, IRIX, Linux, macOS, Microsoft Windows, NetBSD, Novell NetWare, OpenBSD, OpenSolaris, OS / 2 Warp, QNX , Oracle Solaris, Symbian, SunOS, SCO OpenServer, SCO UnixWare, Sanos dan Tru64. Port MySQL ke OpenVMS juga ada.

Perangkat lunak server MySQL itu sendiri dan pustaka klien menggunakan distribusi lisensi ganda. Mereka ditawarkan di bawah GPL versi 2, atau lisensi kepemilikan.Dukungan dapat diperoleh dari manual resmi. Dukungan gratis juga tersedia di berbagai saluran dan forum IRC. Oracle menawarkan dukungan berbayar melalui produk MySQL Enterprise-nya. Mereka berbeda dalam lingkup layanan dan harga. Selain itu, sejumlah organisasi pihak ketiga ada untuk memberikan dukungan dan layanan.

MySQL telah menerima ulasan positif, dan peninjau memperhatikannya "berkinerja sangat baik dalam kasus rata-rata" dan bahwa "antarmuka pengembang ada di sana, dan dokumentasinya sangat, sangat baik". Ini juga telah diuji untuk menjadi "server database SQL multi-pengguna yang cepat, stabil dan benar-benar multi-threaded".

Sejarah

MySQL dibuat oleh perusahaan Swedia, MySQL AB, yang didirikan oleh David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.

Pengembangan asli MySQL oleh Widenius dan Axmark dimulai pada tahun 1994. Versi pertama MySQL muncul pada tanggal 23 Mei 1995. Awalnya dibuat untuk penggunaan pribadi dari mSQL berdasarkan ISAM bahasa tingkat rendah, yang oleh pembuatnya dianggap terlalu lambat dan tidak fleksibel. Mereka membuat antarmuka SQL baru, sambil mempertahankan API yang sama dengan mSQL. Dengan menjaga API konsisten dengan sistem mSQL, banyak pengembang dapat menggunakan MySQL sebagai ganti mSQL yang sebelumnya.

Tonggak Sejarah

Tonggak tambahan dalam pengembangan MySQL termasuk:
Rilis internal pertama pada 23 Mei 1995
Versi 3.19: Akhir tahun 1996, dari www.tcx.se
Versi 3.20: Januari 1997
Versi Windows dirilis pada 8 Januari 1998 untuk Windows 95 dan NT
Versi 3.21: rilis produksi 1998, dari www.mysql.com
Versi 3.22: alpha, beta dari tahun 1998
Versi 3.23: beta dari Juni 2000, produksi rilis 22 Januari 2001
Versi 4.0: beta dari Agustus 2002, produksi rilis Maret 2003.
Versi 4.1: beta dari Juni 2004, produksi rilis Oktober 2004.
Versi 5.0: beta dari Maret 2005, produksi rilis Oktober 2005.

Sun Microsystems mengakuisisi MySQL AB pada tahun 2008.
Versi 5.1: rilis produksi 27 November 2008
Oracle mengakuisisi Sun Microsystems pada 27 Januari 2010.

Pada hari Oracle mengumumkan pembelian Sun, Michael "Monty" Widenius melakukan fork pada MySQL, meluncurkan MariaDB, dan membawa serta beberapa pengembang MySQL.

MySQL Server 5.5 umumnya tersedia. Peningkatan dan fitur meliputi:
Mesin penyimpanan default adalah InnoDB, yang mendukung transaksi dan batasan integritas referensial.
Peningkatan subsistem I / O InnoDB
Dukungan SMP yang ditingkatkan
Replikasi semisinkron.
Pernyataan SIGNAL dan RESIGNAL sesuai dengan standar SQL.
Dukungan untuk kumpulan karakter Unicode tambahan utf16, utf32, dan utf8mb4.
Opsi baru untuk partisi yang ditentukan pengguna.

MySQL Server 6.0.11-alpha diumumkan pada 22 Mei 2009 sebagai rilis terakhir dari baris 6.0. Pengembangan MySQL Server mendatang menggunakan Model Rilis Baru. Fitur yang dikembangkan untuk 6.0 sedang dimasukkan ke dalam rilis mendatang.

Ketersediaan umum MySQL 5.6 diumumkan pada Februari 2013. Fitur baru termasuk peningkatan kinerja pada pengoptimal kueri, throughput transaksional yang lebih tinggi di InnoDB, API memcache gaya NoSQL baru, peningkatan partisi untuk kueri dan pengelolaan tabel yang sangat besar, jenis kolom yang benar menyimpan milidetik, peningkatan replikasi, dan pemantauan kinerja yang lebih baik dengan memperluas data yang tersedia melalui. Mesin penyimpanan InnoDB juga menyertakan dukungan untuk pencarian teks lengkap dan peningkatan kinerja komit grup.

Ketersediaan umum MySQL 5.7 diumumkan pada Oktober 2015. Mulai MySQL 5.7.8, Agustus 2015, MySQL mendukung tipe data JSON asli yang ditentukan oleh RFC 7159.

MySQL Server 8.0 diumumkan pada bulan April 2018, termasuk NoSQL Document Store, kalimat DDL yang aman dari atomic dan crash dan sintaksis JSON Extended, fungsi baru, seperti fungsi tabel JSON, penyortiran yang ditingkatkan, dan pembaruan parsial. Sebelumnya MySQL Server 8.0.0-dmr diumumkan 12 September 2016.

MySQL dinyatakan sebagai DBMS of the year 2019 dari peringkat DB-Engines

Sejarah rilis

Pengerjaan versi 6 dihentikan setelah akuisisi Sun Microsystems. Produk MySQL Cluster menggunakan versi 7. Keputusan diambil untuk melompat ke versi 8 sebagai nomor versi utama berikutnya.

Sengketa hukum dan akuisisi

Pada tanggal 15 Juni 2001, NuSphere menggugat MySQL AB, TcX DataKonsult AB dan penulis aslinya Michael Widenius dan David Axmark di Pengadilan Distrik AS di Boston karena "pelanggaran kontrak, campur tangan yang parah dengan kontrak dan hubungan pihak ketiga dan persaingan tidak sehat".

Pada tahun 2002, MySQL AB menggugat Progress NuSphere atas pelanggaran hak cipta dan merek dagang di pengadilan distrik Amerika Serikat. NuSphere diduga telah melanggar hak cipta MySQL AB dengan menghubungkan kode GPL MySQL dengan tabel NuSphere Gemini tanpa memenuhi lisensinya. Setelah sidang pendahuluan di hadapan Hakim Patti Saris pada 27 Februari 2002, para pihak mengadakan pembicaraan penyelesaian dan akhirnya menyelesaikan. Setelah persidangan, FSF berkomentar bahwa "Hakim Saris menjelaskan bahwa dia melihat GNU GPL sebagai lisensi yang dapat diberlakukan dan mengikat."

Pada bulan Oktober 2005, Oracle Corporation mengakuisisi Innobase OY, perusahaan Finlandia yang mengembangkan mesin penyimpanan InnoDB pihak ketiga yang memungkinkan MySQL untuk menyediakan fungsionalitas seperti transaksi dan kunci asing. Setelah akuisisi, siaran pers Oracle menyebutkan bahwa kontrak yang membuat perangkat lunak perusahaan tersedia untuk MySQL AB akan diperbarui beberapa saat pada tahun 2006. Selama Konferensi Pengguna MySQL pada bulan April 2006, MySQL AB mengeluarkan siaran pers yang menegaskan bahwa MySQL AB dan Innobase OY menyetujui perpanjangan "multi-tahun" dari perjanjian lisensi mereka.

Pada Februari 2006, Oracle Corporation mengakuisisi Sleepycat Software, pembuat Berkeley DB, mesin database yang menyediakan dasar untuk mesin penyimpanan MySQL lain. Ini memiliki pengaruh yang kecil, karena Berkeley DB tidak banyak digunakan, dan dijatuhkan di MySQL 5.1.12, rilis pra-GA dari MySQL 5.1 yang dirilis pada Oktober 2006.

Pada Januari 2008, Sun Microsystems membeli MySQL AB seharga $ 1 miliar.

Pada bulan April 2009, Oracle Corporation menandatangani perjanjian untuk membeli Sun Microsystems, yang saat itu merupakan pemilik hak cipta dan merek dagang MySQL. Dewan direksi Sun dengan suara bulat menyetujui kesepakatan tersebut. Itu juga disetujui oleh pemegang saham Sun, dan oleh pemerintah AS pada 20 Agustus 2009. Pada 14 Desember 2009, Oracle berjanji untuk terus meningkatkan MySQL seperti yang telah dilakukan selama empat tahun sebelumnya.

Sebuah gerakan menentang akuisisi MySQL AB oleh Oracle, ke "Save MySQL" dari Oracle dimulai oleh salah satu pendiri MySQL AB, Monty Widenius. Petisi 50.000+ pengembang dan pengguna meminta Komisi Eropa untuk memblokir persetujuan akuisisi. Pada saat yang sama, beberapa pemimpin opini Perangkat Lunak Bebas menganjurkan persetujuan tanpa syarat dari merger. Sebagai bagian dari negosiasi dengan Komisi Eropa, Oracle berkomitmen bahwa server MySQL akan terus berlanjut hingga setidaknya tahun 2015 untuk menggunakan strategi lisensi ganda yang telah lama digunakan oleh MySQL AB, dengan versi kepemilikan dan GPL yang tersedia. Antitrust dari Uni Eropa telah "menekannya untuk mendivestasi MySQL sebagai syarat untuk persetujuan merger". Namun, sebagaimana diungkapkan oleh WikiLeaks, Departemen Kehakiman AS, atas permintaan Oracle, menekan UE untuk menyetujui merger tanpa syarat. Komisi Eropa akhirnya secara tanpa syarat menyetujui akuisisi Oracle atas MySQL AB pada 21 Januari 2010.

Pada Januari 2010, sebelum akuisisi Oracle atas MySQL AB, Monty Widenius memulai fork khusus GPL, MariaDB. MariaDB didasarkan pada basis kode yang sama dengan MySQL server 5.5 dan bertujuan untuk menjaga kompatibilitas dengan versi yang disediakan Oracle.

Sumber : Wikipedia

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

1 komentar